MALUT-POST-TERNATE Pembaharuan peta kebencanaan di wilayah Kota Ternate akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang. Ini disampaikan oleh Plt kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Rizal Marsaoly, kemarin (19/8). Rizal menyebut, rencana pembarharuan peta kebencanaan juga sudah dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kota Ternate untuk tahun 2022. Sebagaimana diketahui, peta kebencanaan yang dilakukan saat ini adalah peta kebencanaan sejak tahun 2012. Sehingga penting untuk dilakukan pembaharuan.

“Data peta bencana itu sudah kedaluarsa, karena sudah lama, jadi kita sudah dibicarahkan secara bersama-sama dengan pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk dilakukan perubahan,” ucap Rizal.

Menurutnya, dokumen peta kebencanaan harus dirubah sesuai dengan pola tata ruang wilayah yang ada saat ini, akan berdampak pada mitigasi bencana selama lima tahun ke depan. “Jadi rencana perubahan dokumen peta kebencanaan kita lakukan tahun depan,” tandasnya. Sebelumnya, kepala BPBD Kota Ternate, Arif Abdul Gani menuturkan, pihaknya sementara sedang menginventarisir peta-peta potensi kebencanaan di Kota Ternate. Sejumlah dokumen terkait dengan penanggulangan bencana dalam waktu dekat akan direview.

Dokumen-dokumen yang akan di review atau ditinjau kembali, adalah mulai dari Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga Rencana Kontijensi (Renkon) tentang gunung api. “Dengan ada review atau peninjauan kembali terhadap dokumen-dokumen ini, tentunya dengan melihat dinamika perkembangan Kota yang semakin padat. Sehingga mengalami pergeseran pada jalur-jalur evakuasi, yang tadinya sudah diatur dalam dokumen,” kata Arif.

Di sampaikan itu, juga akan dilihat peta ancaman atau dampak bencana terhadap masyarakat. Arif menuturkan, dengan adanya peta ancaman, maka jauh sebelum terjadi bencana, masyarakat sudah bisa mengenal ancaman bencana di sekitar. “Misalnya seperti di Keluarahan Loto, di sana mereka sudah harus tau bahwa sewaktu-waktu mereka harus difungsikan, dan lain sebagainya,” ujaranya. (tr-01/yun)

By Romario