MALUT-POST TERNATE Kanwil Ditjen perbendaharaan (DJPB) provinsi maluku utara (Malut), terus meningkatkan perannya sebagai national treasurer dan Chief Economist didaerah.

Salah satu agenda yang dijalnkan adalah perkuatan sinergi dengan pemerintah daerah , dalam hal ini anggota DPRD malut. untuk itu kanwil DJPB malut bersama anggota DPRD provinsi maluku utara mengadakan Focus grup Discussion ( FGD) dengan tema, “percepatan dana transfer ke daerah.” kegiatan ini dilaksakan jumat (16/) di aula kanwil DJPb malut.

Percepatan dana transfer kedaerah menjadi tema yang menarik karena dana transfer komponen penyambung terbesar pada pendapatan malut. dalam kegiatan FGD tersebut, kepala kanwil DJPb malut bayu Andy prasetyamengataka,progres alokasi dan realisasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) di malut.

Alokasi TKDD tahun 2021 provinsi malut termasuk seluruh kabupaten dan kota sesuai dengan PMK nomor 17/ PMK.07/2021 sebesar RP 10,28 terliriun, dan realisasi sampai dengan triwulan I mencapai RP 2,45 triliun atau mencapai 23,4 persen.

” Khusus pemprov malut alokasi dana transfer pusat ke daerah tahn 2021 sebesar RP 2,20 triliun, dan realisasi sampai dengan triwulan I mencapai RP 519,52 miliar atau mencapai 23, I persen, ” jelas bayu.

Bayu juga memaparkan perkembangan penyaluran KUR dan UMi di malut. program KUR diharapkan dapat meningkatkan ekonimi malut dengan menggerakan UMKM tandpa melupakan peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola UMKM itu sendri.

Dia menambahkan peran legislatif menjadi penting untuk mendorong pemerintah daerah termasuk SKPD mengakselerasi realisasi dana transfer di malut.

Anggota banggar DPRD malut dalam FGD ini menyampaikan bahwa data otentik dari kanwil DPJb malut akan digunakan sebagai salah satu bahan pengambilan kebijakan percepatan penyaluran dana transfer pusat ke daerah.

Selanjutnya kedepan perlu diadakan kegiatan diskusi spesifik terkait peningkatan penyaluran KUR dan UMi di malut, karena program KUR merupakn program yang menyentuh secara ril masyarakat, kecil dan diharapkan mampu ikut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan sektor produktif di malut.

Di akhir acara, diserahkan kajian fiskal regional kanwil DPJb malut 2020 kepda DPRD, yang memuat kajian kondisi fiskal dan kajian potensi sektor unggulan di malut. ( cr-02/onk)

By Romario