MALUT-POST-TERNATE          Mantan kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Risval Tribudiyanto menempuh jalur hukum ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Ini terkait hukuman disiplin yang dijatuhkan Pemkot Ternate terdapanya melalui SK Wali Kota nomor 800/2582/2021 tertanggal 22 September 2021.

Hal ini mendapat respons dari anggota Komisi I DPRD Kota Ternate, Yamin Rusli. Menurutnya, Risval memiliki hak untuk menempuh jalur hukum, jika merasa dirugikan atas keputusan tersebut. Terlebih, jika hukuman yang dijatuhkan Pemkot terhadap Risval adalah hukuman disiplin berat, maka Risval untuk beberapa waktu ke depan diterima nisa pindah, atau bahkan tidk diterima di daerah mana pun.

“Itu adalah hak Risval, kalau dia merasa dirugikan atas keputusan Pemkot terkait indisipliner. Itu kan kalau tidak salah keputusan berat, ya. Karena keputusan berat, dia (Risval, red) tidak bisa pindah kemana-mana, dan tidak diterima di daerah manapun,” tutur Yamin, kemarin (4/10).

“Sehinggakalau dia menganggap bahwa keputusan itu merugikan dia (Risval, red), maka dia punya hak untuk menggugat. Dan itu dijaminoleh konstitusi,” katanya. (tr-01/yun)

By Romario