MALUT POST – TERNATE. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, mendesak Pemerintah agar segera menjalankan program fisik maupun non fisik tahun 2022. Pasalnya, sampai saat ini, hampir semua dinas belum juga menyelasaikan perecanaan. Dengan begitu Wali Kota Ternate melalui Sekretaris Daerah (Sekta) selaku ketua Tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) didesak agar segera menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang punya kegiatan fisik maupun non fisik di tahun ini, agar seceoatnya menyelesaikan perencanaan.

“Seharusnya ada desakan dari Sekda kepada dinas yang belum melakukan perecanaan, agar bisa diselesaikan segera ,” kata ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailussy Senin (9/5).

Seharusnya adaketegasan dari Sekda. Bagi OPD yang masih terlambat, maka jangan segan-segan untuk diberikan sanksi. Jika tidak, keterlambatan tersebut akan terus terjadi. Menurutnya, Sekda harus tegas, bagi yang terlambat harus diberikan sanksi tegas. Khususnya para kasubag yang masi main-main dengan rencana kegiatan, terutama untuk Kasubag perecanaan. Dengan begitu diharapkan di bulan ini juga semua perencanaan sudah harus tuntas dan masuk di ULP, sehingga proses tander bisa jalan.

“Jangan lagi ada pekerjaan yang terlambat atau sampai ditunda hingga Juni mendatang. Sebeb yang dibutuhkan yaitu penyerapan anggaran bisa terlihat setiap saat. Sehingga pada Januari tahun depan, semua pelaksanaan kegiatan suda selesai,” tutupnya. (tr-05/yun)

By Romario