MALUT-POST-TERNATE Kebutuhan air bersih merupakan hal yang sangat mendasar bagi masyarakat. pasalnya untuk memenuhi kegiatan sehari-hari Tetapi krisis air masih saja dialami oleh warga Kota Ternate, seperti di Kelurahan Tanah Tinggi Barat, Kalumata dan Maliaro. Warga bahkan membeli air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Keluhan warga tersebut mendapat respons DPRD. Sekretaris fraksi partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kota Ternate, Ridwan Lisapaly mengatakan, keluhan warga menyangkut dengan pelayanan dasar seperti air bersih, PDAM wajib menindaklanjuti, agar tidak ada lagi keluhan.

Jika terjadi kerusakan pada panel sistem, harus segera dicarikan solusi, sambil menunggu teknisi dari jakarta. Masalah ini juga harus mendapatkan perhatian yang penuh dari pemerintah, agar teknis di PDAM memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), diberikan pelatihan. Hal itu agar bisa mengatasi masalah yang dihadapi PDAM di lapangan, terutama kerusakan tanpa menunggu teknis dari Daerah lain.

“Air bersih ini merupakan kebutuhan yang paling utama. Kami mendesak PDAM segera memberikan pelayanan berupa suplai air bersih ke warga yang alami krisis,” ungkapnya. Ridwan yang juga anggota Komisi II ini menambahkan, program seratus hari kerja pemerintah Kota Ternate salah satunya penanganan air bersih di masyarakat.

“Pemerintah diminta untuk serius dalam masalah air bersih. Sebab Masyarakat pasti menagih janji terkait dengan pelayanan air bersih yang maksimal.

Masyarakat mengeluh itu wajar. karena iuran tetap dibayar tiap bulan,” tandasnya. (tr-03/yun)

By Romario