MALUT-POST-TERNATE Pengadilan Negeri (PN) Ternate menggelar sidang lanjutan perkara tindak Pidana Pencabulan terhadap anak dibawa umur dengan terdakwa AT alias Risto. Sidang dengan agenda pembacaan putusan yang digelar belum lama ini, dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim, Khadijah A. Rumalean.

Dalam Sidang, terdakwa Risto dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan kekerasan dan pencabulan terhadap anak dibawa umur, sebagaimana dakwaan tunggal Jaksa penuntut Umum (JPU).

Karena itu terdakwa dijatuhi pidana penjara selama 5 tahun dan denda RP 500 juta. Sesuai ketentuan, apabila denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan.

Selain itu, Majelis Hakim juga menetapkan, masa penangkapan dan penahanan yang sudah dijalani terdakwa, dikurangi seluruhnya dari vonis pidana. perintahnya, terdakwa tetap berada dalam tahanan.

Barang bukti yang berhasil dirampas dari tangan terdakwa yakni 1 kaos oblong warna merah bertulisan Bomb jeans Denim Dee. Sekedar informasi, dalam sidang tuntutan yang digelar sebelumnya atau tanggal 4 April kemarin, terdakwa AT alias Risto dituntut dengan pidana penjara selama 5 tahun dan denda sebesar RP 100 juta subsider 6 bulan kurungan.

Untuk Mempertanggung jawabkan perbuatan yang dilakukan, terdakwa Risto diancam pidana penjara dalam pasal 82 ayat (1) Junto pasal 76 E undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang peraturan Pemerintah (PP) pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. (tr-07/aji)

By Romario